SMP Dharma Pancasila Medan Go to » SMA Site | TK Site
Ekstrakurikuler

by fahmi email the content item print the content item create pdf file of the content item


EKSTRAKURIKULER SMP DHARMA PANCASILA

Ekstrakurikuler  dapat  diartikan  sebagai  kegiatan  pendidikan  yang dilakukan  di  luar  jam   mata pelajaran  (tatap muka).  Kegiatan  tersebut dilaksanakan  di  dalam  dan di  luar  lingkungan  sekolah  dalam rangka  memperluas  pengetahuan,  meningkatkan  keterampilan,  dan menginternalisasi  nilai-nilai  atau  aturan-aturan  agama  serta  norma-norma  sosial  baik  lokal,  nasional,  maupun  global  untuk  membentuk insan  yang  baik.  Dengan  kata  lain, ekstrakurikuler  merupakan kegiatan  pendidikan  di  luar  jam  pelajaran  yang  ditujukan  untuk membantu  perkembangan  peserta  didik,  sesuai  dengan  kebutuhan, potensi,  bakat,  dan minat  mereka  melalui kegiatan yang  secara khusus diselenggarakan  oleh  pendidik  dan  atau  tenaga  kependidikan  yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Sebagai bagian dari pendidikan maka kebijakan mengenai ekstrakurikuler merupakan bagian dari kebijakan departemen pendidikan nasional yang sebelum era reformasi disebut Departemen Pendidikan Kebudayaan.
Visi  kegiatan  ekstrakurikuler  adalah  berkembangnya  potensi,  bakat dan  minat  secara  optimal,  serta  tumbuhnya  kemandirian  dan kebahagiaan  peserta  didik  yang  berguna  untuk  diri  sendiri,  keluarga dan masyarakat. Misi  ekstrakurikuler  yaitu :
  • Menyediakan sejumlah  kegiatan  yang dapat  dipilih  oleh  peserta  didik  sesuai  dengan  kebutuhan,  potensi, bakat,  dan  minat  mereka.
  • Menyelenggarakan kegiatan  yang memberikan  kesempatan peserta didik  mengekspresikan  diri  secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.  
Kegiatan Ekstrakurikuler bertujuan untuk agar peserta didik dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan dan menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan peserta didik yang dalam arti :
  1. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berbudi pekerti luhur
  3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Berkepribadian yang mantap dan mandiri
  6. Memiliki rasa tanggung jawab kemasyrakatan dan kebangsaan selain itu tujuan ekstrakurikuler juga untuk lebih memantapkan pendidikan dan kepribadian dan untuk mengkaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum dengan keadaan dan kebutuhan lingkungan.  
Berdasar ketentuan diatas, dapat dikemukakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan diri dengan bidang pengembangan yang mencakup,
  1. Pengembangan kreatifitas, yaitu bidang pengembangan yang membantu peserta didik yang mengembangkan kemampuan daya cipta sesuai dengan potensi, bakat dan minat untuk dapat berprestasi secara optimal.
  2. Pengembangan keagaman dan sosial, yaitu bidang kegiatan yang membantu peserta didik yang mengembangkan kemampuan relegius, disiplin, kerja sama dan rasa tanggung jawab sosial lainnya.
  3. Pengembangan rekreatif, yaitu bidang kegiatan yang membantu peserta didik mengembangkan potensi dirinyadengan suasana rileks, menggembirakan dan menyenangkan untuk pnegembangan karir.
  4. Keteladanan,  yaitu bidang kegiatan dalam bentuk perilaku dalam hidup sehari-hari.   
Jenis-jenis Kegiatan Ekstrakurikuler antara lain :
  1. kepramukaan, Latihan Dasar Kesiswaan, Palang Merah Remaja dan Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA).
  2. Karya Ilmiah, meliputi Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan penelitian.
  3. Latihan Lomba Keberbakatan Prestasi, meliputi pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya, pecinta alam.
  4. Seminar, Loka Karya dan Pameran, dengan subtansi antara lain, karir, pendidikan, kesehatan dan keagamaan.
Format Kegiatan
  1. Individual, format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti peserta didik secara perorangan.
  2. Kelompok, format kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti kelompok-kelompok peserta didik.
  3. Klasikal, format kegiatan yang diikuti peserta didik dalam satu kelas.
  4. Gabungan, format kegiatan format kegiatan yang diikuti peserta didik antar kelas dan antar sekolah.
  5. Lapangan, format kegiatan ekstrakrikuler yang diikuti seorang atau sejumlah peserta didik melalui kegiatan diluar kelas atau kegiatan lapangan.
Banyak macam kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan di sekolah, yang tentu saja berbeda-beda antar sekolah. Perbedaan itu bisa di mengerti karena terdapatnya perbedaan minat dan kebutuhan peserta didik, sarana dan prasarana, potensi sekolah dan potensi luar daerah yang bersangkutan. Pada umumnya kegiatan ekstrakurikuler sekolah dibawah seksi-seksi ke pengurusan osis serta ditangani oleh guru atau pembina yang menguasai bidang ekstrakurikuler tersebut. Sesuai dengan panduan pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikelar, tahapan dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. Setiap tahap perlu dirancang dengan benar dan dipersiapkan tertulis dengan baik. File yang tertulis sangat penting untuk keberlangsungan kegiatan ekstrakurikuler dimasa mendatang.

links
Poll


Ekstrakurikuler apa yang paling kamu sukai



Marching Band

Pramuka

Beladiri

Bahasa Asing

Komputer



Posted by fahmi
Votes: 175
Previous polls

Komentar
© 2012 Yayasan Dharma Pancasila Medan | designed by Bintang Web (fahmineo)